3 Rekomendasi Layanan Produk Refill Untuk Gaya Hidup Lebih Ramah Lingkungan

 



Ada beragam praktik yang bisa kita lakukan dalam menjalani gaya hidup ramah lingkungan atau minim sampah. Berbagai aspek dan sektor dalam kehidupan kita sangat bisa menjadi tempat praktik tersebut, mulai dari rumah tangga, sekolah, kantor dan lainnya. Di sektor rumah tangga kita bisa menggunakan bahan alami ramah lingkungan untuk memenuhi kebutuhan produk rumah tangga. Sebagian lainnya memilih menggunakan jasa refill. 

Setidaknya ada  dua sistem belanja yaitu layanan pengantaran delivery dan layanan kunjungan. Aku akan bahas berdasarkan pengalaman dan pengetahuanku. 



1. Siklus Refill

Siklus adalah platform dan jasa isi ulang yang berdiri pada Juni 2020. Ya, bisa dibilang baru. Semuanya bermula dari permasalah sampah plastik yang terus bertambah setiap harinya. Di samping itu sekitar 15% dari harga produk adalah biaya kemasan plastik. Ketika produk kebutuhan sehari-hari dijual dalam jumlah yang lebih sedikit, biaya dari kemasan plastik tersebut harus ditanggung oleh pembeli sehingga menyebabkan pembeli membayar lebih besar dan ini yang dinamakan ‘pajak kemiskinan’ (siklus.com).

sumber: siklus.com


Ini adalah platform pertama yang aku tahu dan pakai. Disini kita bisa belanja persabunan dan perminyakan via WhatsApp ataupun aplikasi. Enaknya, dia freeongkir tanpa minimal belanja dan tentunya meng-cover Jabodetabek termasuk domisiliku (Kabupaten Bogor). 

sumber: siklus.com


Kalau di Jakarta, biasanya diantar pakai motor biasa disebut motoris. Selain di wilayah Jakarta, mereka melakukan pengantaran pakai mobil. 

sumber: dokumen pribadi


Sistem order via WA cukup isi form dalam bentuk chat berisi daftar pesan dan alamat. Harga-harganya sebagian besar memang lebih hemat dibandingkan beli di retail store. Sistem refill-nya pakai wadah sendiri tapi dia juga menjual wadah (harus order di form). So far belum pernah order via aplikasi. Tapi di aplikasi biasanya suka ada promo bersyarat. 

sumber: siklus.com

Sayangnya, entah khusus luar Jakarta atau berlaku semua daerah, sepekan dia hanya dua kali pengantaran. Jadi ngga bisa dadakan. Sayangnya lagi, per Januari, domisiliku udah ngga kecover, semoga someday bisa kecover kembali.  :(

Instagram: @siklusrefill

Website: siklus.com

Order: Aplikasi Siklus / Whatsapp 0877-7620-1410


2. Koinpack

Koinpack adalah penyedia sistem pengemasan yang dapat dikembalikan dan digunakan kembali berdasarkan model setoran dan hadiah. Koinpack berpikir di luar daur ulang dan bertujuan untuk mengubah model bisnis linier saat ini menjadi model melingkar.





Di tahun 2021, aku pernah sekali mencoba jasa isi ulang ini. Platform ini juga menyediakan kebutuhan rumah tangga persabunan, pewangi, handsanitizer  minyak, beras hingga kecap! 



Sistem ordernya bisa melalui Whatsapp dan beli di toko reseller. Bagi yang memesan via Whatsapp, Setelah order dan bayar, produk akan dikirimkan H+1 menggunakan kurir bermotor.


Selain via Whatsapp, pembelian bisa dilakukan di toko kelontong, bank sampah atau eprorangan yang sudah menjadi reseller Koinpack. Namun jumlah reseller ini masih terbatas di daerah jumlahnya, antara lain:

Mama Fatih (peer-to-peer)

Gg. Jati kuning 2 no. 25, jl. Bambu kuning, Kel. Jati Padang, kec. Pasar Minggu

Ibu Lia (peer-to-peer)

Jl. Masjid Al- Ikhlas No.23, Pesanggrahan, RT.2/RW.1, Petukangan Sel., Jakarta Selatan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta - 12270

Ibu Srihadi (peer-to-peer)

East Jakarta, RT.6/RW.1, Lubang Buaya, Cipayung, East Jakarta City, Jakarta - 13810

Ibu Tiara (peer-to-peer)

Jl. Masjid No.16, RT.006/RW.006, Jatiwarna, Kec. Pd. Melati, Kota Bks, Jawa Barat - 17415

Ntan (peer-to-peer)

Bukit Golf Cibubur, Riverside I  A4/12, Kabupaten Bogor - 16963

Bapak Fariz (peer-to-peer)

Jl. Wuluh Raya No.1, RT.11/RW.10, Pd. Bambu, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta - 13430

Bapak Arif (peer-to-peer)

Jl. Moncokerto V No.27, RT.10/RW13, Utan Kayu Sel., Kec. Matraman, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta - 13120

Bapak Rivai (peer-to-peer)

Jl. Pembina Kelurahan Baru Kecamatan Pasar Rebo

Warung Syifa

Gg. Hm. Mahri Jeruk Nyonya, RT.4/RW.3, Cilandak Tim., Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta - 12560

Warung Wndi

Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jakarta - 13790

Warung IndoPromo

Jl. Pekapuran, RT.03/RW05, Sukatani, Kec. Tapos, Kota Depok, Jawa Barat - 16455

Warung Bu Cakem

Jl, Wijaya Kusuma Raya 38,RT.007/RW.004, Jakasampurna, Kec. Bekasi Bar., Kota Bekasi, Jawa Barat - 17145

Bank Sampah Bumi Daya Bersih

Jl. Bbd Raya, Mekarsari, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat - 16452

Bank Sampah Dahlia

Jl. M. Saidi Raya No.1, RT.8/RW.1, Petukangan Sel. Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta - 12270

Bank Sampah Nusantara

LPBI NU

Jalan Kramat Raya No. 164, RT. 7 / RW. 2, Kenari, Senen, RT.2/RW.2, RT.7/RW.2, Kenari, Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10430, Indonesia

Kelurahan Mekarsari

Jalan Moh Gobel RW 14, Jl. Lembah Hijau, Mekarsari, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat - 16452



Buat yang order pertama kali, JANGAN LUPA PAKAI KODE REFERALKU:  KPVI15. Lumayan dapat diskon, soalnya aku keskip info ini, wkwk. Oh ya dia freeongkir Jabodetabek minimal pembelian Rp50,000 aja. 

Sistem refill-nya, pakai wadah dari mereka. Tapi no worries, wadahnya bisa dikembalikan dan kita bakal dapat cashback seharga wadah tersebut, mulai dari Rp1.250 hingga Rp10.000. Buat aku yang udah punya wadah sendiri agak tricky sih jadinya, hehe. Karena jadi penuh, alhasil harus buang wadah yang lama supaya hemat space. Harga yang ditawarkan sebagian lebih murah.  Barangkali kalian ada yang mau jadi reseller, feel free to contact them.

"Merek yang dijual terbatas ya?"

Memang sih untuk platform refill terbatas, mungkin selain mereka bisa dibilang start up juga mungkin keterbatasan produk yang bisa diangkut. Kebayang dong kalo sabun aja ada puluhan jenis, yang order beda beda, kasihan motoris/kurirnya 😅

Instagram: @koinpack

Website: koinpack.id

Order: bit.do/OrderKoinpack


3. Bulk Shop

Selain dengan delivery, belanja sistem refill juga bisa dilakukan dengan kunjungan. Yap, jadi kalian datang ke toko, bawa wadah sendiri dan refill deh.  Itu bisa dilakukan di bulkshop. Yap sesuai namanya bulk shop artinya toko curah dimana kamu bisa membeli produk habis pakai dengan sistem refill.


Biasanya bulksho

sumber: bulksource

p menjual produk yang lebih banyak, termasuk produk zero waste macam loofah/gambas, sikat gigi bambu, dan lain-lain. Beberapa pegiat zero waste punya bisnis bulk shop lho! Kalian bisa cek Alami Bulk Shop (Jagakarsa), Tokona Umay (Jakarta Timur) atau yang besar dan banyak cabangnya ada Bulksource (Kemang Jaksel & Menteng Jakpus).

suber: Alami Bulk Shop


Jujur aku belum pernah belanja sistem visit gini sih, apalagi masa pandemi gini. Tapi mereka juga melayani pembelian via online. So, just contact them!


Keuntungan & Tantangan Belanja Produk Sistem Refill 

"Memang apa sih enaknya belanja sistem refill atau curah?" 

Jujur kalo aku pribadi alasan utamanya adalah mengurangi sampah kemasan sekali pakai. Sekilas mungkin kayak "sepele" tapi kalo dikonsistensikan bisa hemat produksi sampah, apalagi kalo semakin banyak rumah tangga yang pakai jasa ini. Kalau dirangkum, berikut keuntungan (plus)-nya.

  • membantu mengurangi sampah kemasan sekali pakai
  • menghemat pengeluaran

Sedangkan tantangan belanja produk sistem refill antara lain:

  • keterbatasan merek produk
  • untuk layanan daring, perlu waktu menunggu pengantaran
  • untuk layanan kunjungan, keterbatasan jumlah toko fisik

Yha.. meskipun belum bisa totally semua produk rumah tangga beralih ke refill tapi lebih baik sedikit daripada ngga sama sekali.


Gimana nih, kalian tertarik juga belanja sistem refill? Atau justru sudah memulainya?

6 komentar:

  1. makasih infonya, belum sampai cirebon ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo Siklus n Koinpack belum Mbak, mungkin bulkshop yang didirikan personal, ada :D

      Hapus
  2. ini nih model belanja yang pengen aku cobain mbak, sayangnya di jember belum ada yang begini. Bisa jadi aku yang kurang apdet ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin adanya bulkshop yang dibuat personal Mbak :D

      Hapus
  3. Semoga di luar pulau segera ada ya mbak, di tempatku ada semacam bulkshop gitu, pernah beberapa kali kesana, tapi kayaknya udah mo tutup krn kurang peminatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, Mbak. Kalo boleh tahu di daerah mana Mbak?

      Hapus