Inilah 3 Perbedaan Dasar Mentega Tawar dan Asin, Jangan Salah Beli Ya

sumber: disini

Moms, memasak merupakan salah satu kegiatannya bahkan hobi yang "digandrungi" para kaum hawa. Salah satunya, baking, salah satu bagian dari memasak. Salah satu bahan yang tak boleh terlewatkan adalah mentega.


Meskipun pada dasarnya mentega mengandung lemak yang sering kali dijadikan momok penyebab berbagai macam masalah kesehatan, namun tidak bisa dipungkiri jika ia memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Sejatinya ia berperan penting sebagai sarana untuk menyerap vitamin kedalam tubuh. Bahkan dengan penambahan lemak dalam makanan ini akan menciptakan rasa yang lebih nikmat. Begitupun dalam hal pembuatan kue, mungkin sebagian besar dari kita sudah tidak begitu asing lagi bagi Anda sering kali ditambah dengan yang tawar atau sejenisnya.
Contoh Mentega Tawar (tokowahab.com)

Mentega atau butter berasal dari bahan utama yaitu lemak susu sapi. Ia mampu menciptakan rasa atau bahkan tampilan lebih baik dalam pembuatan kue. Namun pastikan juga jangan sampai salah  dalam menggunakannya. Para pengusaha bahan kue menjual beberapa jenis mentega, ada yang jual mentega tawar dan juga asin. Lalu sebenarnya apa yang membedakan antara keduanya?

Berikut yang harus diketahui sehingga tidak salah pakai, yaitu:

Pertama, kandungan garam. Dari namanya saja tentu sudah banyak yang bisa membedakan antara unsalted butter dan juga salted butter ini. Dimana untuk produk yang tawar memang tidak ditambah garam sama sekali di dalamnya. Sedangkan untuk jenis asin ditambah dengan garam sehingga rasanya lebih gurih.

Kedua, pemakaian. Pada umumnya salted butter sering kali digunakan sebagai tambahan untuk memasak yaitu menumis sayur atau sejenisnya, juga digunakan sebagai tambahan olesan untuk sandwich atau kue. Hal ini agak berbeda dengan unsalted butter, karena tawar atau tidak memiliki rasa ia biasanya dipakai sebagai shortening atau icing untuk dekorasi kue, memberikan tampilan lebih indah, namun tidak mempengaruhi rasanya.

Ketiga, warna. Dari segi warna sendiri antara keduanya berbeda, unsalted butter memiliki warna putih asli, sedangkan unsalted butter sedikit kekuningan atau putih tulang.

So, Moms, jangan sampai salah membeli dan memakainya ya. Disarankan melakukan pengecekan terlebih dahulu apakah agen tersebut jual mentega putih atau yang asin dan tentunya sesuaikan dengan kebutuhan pemakaiannya.

Happy Baking!

14 komentar:

  1. Terus terang sy msh bingung bedakan mentega dan margarin..tp bc tulisan ini jadi tercerahkan hehe..mksh ya kak sharingnya..

    BalasHapus
  2. Belum pernah nyobain yang unsalted. bingun juga mau dibikin apa. Paling teman roti buat sama gula pasir kali ya

    BalasHapus
  3. Iya memang kadang biasanya klo contek resep tuh kadang suka bingung klo cuma tulis mentega Aja ternyata beda pnggunaannya Juga utk bermacam2 kue Aku baru bljr kemarin

    BalasHapus
  4. Memang harus lebih jeli kalau urusan milih mentega. SalΓ h pilih bisa aneh rasa kuenya ya hehe

    BalasHapus
  5. Mentega ternyata ada spesifikasinya saya baru paham.
    Terimakasih pencerahannya πŸ‘πŸ™πŸ˜Š

    BalasHapus
  6. Dulu rajin banget beli unsalted butter pas anak-anak mulai MPASI. Sekarang sih udah jarang beli, kalaupun beli pasti pilih yang salted butter karena emang bikin rasa masakan lebih gurih dan wanginya itu lhoo menggugah selera.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi iya bener buat MPASI. IYa lebih berasa salted yah

      Hapus
  7. gegara WFH saya jadi rajin masak .. juga masak kue.. dan gegara masak kue jadi cari tau beda margarin, mentega, mentega tawar dan asin.. cuman mentega harganya mahal ya.. jadi kadang buat bikin kue ku pake perbandingan setengah mentega dan setengah margarin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Kak Yayat hehe. Bisa nihe komposisinya

      Hapus