Ads 468x60px

Rabu, 09 Oktober 2019

Alasan & Tips Menjaga Kesehatan Mata

sumber: Shutterstock

Dear Moms and Ladies, dianugerahi fisik sempurna dan sehat tentunya adalah sebuah anugerah yang Begitu berharga dan tak ternilai. Betul?

Salah satunya adalah mata yang sehat. Sebagai seorang pengguna kacamata, ingatanku kembali pada hari dimana aku pertama kali menggunakan kacamata.


Semua berawal saat aku duduk di bangku kelas 8 SMP. Belakangan aku merasa kesulitan melihat tulisan di oapan tulis. Makin kesini, makin samar. Terbetik niat menggunakan kacamata tapi setelah ku tanya beberapa teman harga ya berapa, niatku kuurungkan. 

Alhasil ini cukup mengganggu proses belajarku. Aku juga harus sering-serjnh bertanya ke teman sebelah. Sungguh ngga nyaman. Hingga akhirnya oeangtuaku menyadari hal ini.

Yang lebih takjubnya mereka langsung mengajakku membeli kacamata. 

Hari itu Bapak mengajakku ke sebuah optik ternama. Setelah dicek ternyata mataku  keduanya minus 1. Bapak langsung menyuruhku memilih frame favorit. Aku memilih model setengah frame berwarna biru. Saat dibayar ternyata harga RATUSAN ribu.

Padahal aku itu nilai yang besar bagi kedua orangtuaku saat itu. Tapi demi anaknya mereka rela.. Demi anaknya agar bisa belajar dengan nyaman dan maksimal, mereka rela... Dari situlah aku belajar makna pengorbanan orangtua...

Dari situ pula aku memetik hikmah betapa pentingnya menjaga kesehatan mata. Aku mulai menyadari penyebab mataku menjadi minus yakni Kebiasaan membaca sambil tiduran dan belajarku sambil tengkurap. Mulai saat itu aku berlanjut mengurangi kebiasaan itu.

1. Beberapa profesi harus dilakukan mereka bermata normal
Ternyata ketika mata sudah minus, Ada beberapa hal profesi yang tidak bisa Dilakukan karena mensyaratkan pengeluaran harus sempurna. Beberapa profesi itu natara lain:
  • Polisi/TNI/ABRI
  • Pramugari pesawat


2. Menggunakan kacamata tak selamanya nyaman
Sekalipun suah terbiasa, tetap saja lebih enak tidak memakai kacamata. Terlebih bagi seorang pelupa sepertiku. Entah sudah kali berapa kacamataku nyaris hilang akibat kekalaianku. Hehe.

Yuk, mulai menjaga kesehatan mata sejak dini. Beberapa tips menjaga kesehatan mata antara lain:

  • Konsumsi sumber vitamin A seperti wortel, tomat, dan lain-lain
  • Menghindari kebiasaan membaca atau bermain ponsel sambil tiduran/tengkurap
  • Menghindari membaca di tempat minim cahaya

Ini tips dariku, bagaimana denganmu?

#Writober #RBMIPJakarta #Ibuprofesionaljakarta

0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!