Ads 468x60px

Kamis, 31 Oktober 2019

Writober, ODOP Pertamaku dan Hari Blogger Nasional



Dear bloggers, selamat Hari blogger nasional! Yap, hari blogger nasional jatuh di hari ini 27 Oktober.

Tiba-tiba pikiranku melayang di tahun 2014, aku dan teman-teman blogger mahasiswa merencanakan kegiatan National Youth Blogger Conference. Dengan insiator aku dan Gia selalu founder dan co-founder Komunitas Blogger UNJ. Kami merekrut teman-teman blogger dari kampus seJabodetabek. Ada Gunadarma, UI, Trisakti, UIN, dan lain-lain.

Emang dasar suka nyari proyek aku tuh semasa mahasiswa, haha. Bisa dibilang ini modal nekat. Ups, sepertinya memang proyek-proyek yang kugawangi semasa mahasiswa pakai modal nekat semua, deh! 😁

Tapi sayang karena satu dan lain hal hanya setengah jalan untuk proyek ini.. :')

Baiklah, mari kita move on.

Writober ODOP Pertamaku
Ngomongin soal blogging lagi, kalian pernah ikut kelas atau kegiatan menulis di blog selama beberapa hari berturut-turut?

Aku? Belum pernah, to be honest. 😂 Sampai akhirmya aku diamanahkan sebagai kapten Rumah Belajar Menulis IP Jakarta (RBM). Sebagai seorang blogger, aku membawa "misi" buat rumbelku,  tentunya berhubungan dengan blogging.

Sampai akhirnya, di rapat perdana kami, tercetuslah ide WRITOBER (thanks to mba Nita, my ex-wakil 🙆). Apa itu Writober?

Writober atau Writing in October adalah kegiatan menulis di blog 10 hari berturut-turut. Nama Writober ditemukan oleh wakil kapten RBM, Mbak Reytia. Thank you so much!

Writober bertujuan untuk menumbuhkan semangat Kepenulisan dan menciptakan  konsistensi para member RBM. Writober dilaksanakanal 1 Oktober sampai 21 Oktober.

"Lho katanya sepuluh hari?"

Tenang dulu, Netizen budiman. Berhubung blogging bisa dibilang dunia yang baru bagi teman-teman RBM, dilihat dari jumlah member yang PUNYA dan AKTIF ngeblog, maka aku dan tim pengurus memutuskan until memberikan durasi ngga benar+benar Sepuluh hari.

Well meskipun begitu, tetap dong, dalam sehari HANYA BOLEH mengunggah satu tulisan saja. Ada 10 tema yang sudah ditentukan. Apa sajakah?



Bagaimana? Kira-kira kalau kalian ikutan Writober, sudah punya ide atau bayangan mau menulis apakah?

Oh ya, sebagai form laporan, kami juga menyediakan Google Form dengan metode live link. Jadi siapapun bisa buka form yang selalu ter-update itu. Nah ini idee Mbak Wahyu. Thank you so much!

Pertama kalinya ikut event kayak gini dan ternyata challenging sekaligus NAGIH!

Kenapa challenging? Karena aku hanya bisa fokus menulis di malam hari saat si bayi tidur. Sedangkan saat itu juga job tulisan sedang padat merayap, alhamdulillah.

Kenapa nagih? Karena teman-teman yang ditentukan betul-betul bikin otak harus berpikir kreatif. Jadi selalu ingin mencari ide baru.

Akhirnya sampailah di penghujung Writober. Tercatat Sebanyak 55 member berpartisipasi dan 21 orang berhasil menjadi finisher. Ngga hanya itu, Kami juga punya TIGA FINISHER TERBAIK lhooo. Siapa sajakah?





Yeay, SELAMAAAAT!

Writober dan Hari Blogger Nasional
Enam hari pasca berakhirnya Writober aku diingatkan bahwa hari itu, 27 Oktober, ada peringatan Hari Blogger Nasional. O-M-G, padahal memilih bulan Oktober sebagai Hari berlangsung nya Writober adalah asal nyomot. Tapi ternyata betepatan dengan National Blogger Day. So happy!


Last but not least, terimakasih untuk teman-teman RBM yang sudah ikutan Writober 🤗 Happy blogging! Semoga blognya tetap terisi dengan konten-konten positif nan berfaedah! :)

Happy National Blogger Day!

2 comments:

  1. Selamat hari blogger ya, meski sudah lewat

    BalasHapus
  2. Kok gw gak kenal satupun yah blogger-blogger yang disebutin, wkwkwkwk

    Gw mainnya kurang jauh kayaknya deh.


    Btw, salam kenal

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!