Ads 468x60px

Sabtu, 05 Oktober 2019

Dompet Dhuafa Perkenalkan Wakaf Parung dan Cara Bahagia Berwakaf Lewat Tabung Wakaf



Apa yang kalian pikirkan begitu mendengar kata 'wakaf'?

"Makam wakaf."
"Sekolah."
"Masjid wakaf."

Barangkali sebagian besar dari kita akan memberikan jawaban seperti di atas, termasuk aku.


"Banyak orang menganggap wakaf sekadar madrasah, masjid atau makam (3M). Padahal nyatanya wakaf tidak terbatas pada 3M." ungkap Bapak Yuli Pujihardi saat pembukaan acara Blogger Meet Up Wakaf Parung.

Kegiatan Blogger Meet Up berlangsung di Parung Bogor pada hari Kamis 3 Oktober 2019. Asli, saya bersemangat sekali mengikuti acara ini karena lokasi acara hanya beberapa meter dari kediaman saya. Meskipun pada akhirnya saya harus berangkat dari Jakarta 😁

Pukul 09.30 acara dibuka oleh sambutan dari Bapak Yuli Pujihardi, Direktur Mobilisasi Wakaf Dompet Dhuafa. Kegiatan utama berupa sharing session menghadirkan Ustadz Syafi'e (Direktur Dompet Dhuafa Pendidikan), Dr.Zakaria (Direktur Rumah Sehat Terpadu) & Pak Bobby P Manullang (Direktur Mobilisasi Wakaf Dompet Dhuafa).

"Apakah Anda pernah menemukan PAUD non negeri yang bayarnuya Lima pukuh ribu saja per bulan?" Ustadz Syafie mengawali sharing. "Di sini, ada."

Tapi, tentu ada seleksi yang dilakukan, khususnya seleksi latar belakang orangtua.

"RST pada awalnya memiliki 83 ranjang tidur saja. Lalu bagaimana jika ada Pasir ke-84 dan seterusnya? Ya, kami meminta pada Allah. Qadarallah tak lama berselang, datanglah bantuan dari Qatar memberikan dana pembangunan  gedung tambahan." ungkap Dr.Zakaria merasa takjub.

Tak hanya beliau, seisi ruangan lainnya merasa takjub. Masya Allah!

Program Tabung Wakaf: Cara Baru Bahagia Berwakaf via Digital
Berbicara tentang Dompet Dhuafa, tentu erat kaitannya dengan zakat. Lembaga yang sudah berdiri sejak 1993 ini memang merupakan lembaga zakat terpercaya dengan beragam manfaatnya yang meluas.

Kembali ke zakat. Zakat adalah kewajiban kaum muslim yang harus ditunaikan, sepakat?

Sedangkan wakaf? Memang, sifatnya tidak wajib seperti zakat, akan tetapi sekarang saatnya wakaf dimasifkan. Karena ternyata Wakaf bukanlah harus berwujud besar seperti 3M di atas.

Wakaf sendiri terbagi menjadi:
🔹wakaf produktif
🔹wakaf investasi
🔹wakaf sementara


Jadi mari kita sepakati bahwasanya wakaf tidak terbatas pada 3M (makam, madrasah dan masjid) melainkan lebih luas dari itu dan bisa dimulai dari 10 ribu rupiah melalui Tabung Wakaf.

Bagaimana Cara bahagia berwakaf dengan Tabung Wakaf?

  1. Buka www.tabungwakaf.com
  2. Klik tombol Yuk Wakaf, akan muncul pilihan program yang sedang berjalan dan dapat dipilih
  3. Pilih salah satu program, klik donasi. Akan muncul pilihan pembayarann atau memilih campaign lain.
  4. Jika memilih langsung pembayaran, Anda akan diminta memasukkan data diri dan memilih metode pembayaran bank maupun online.
  5. Lakukan pembayaran. Selesai.
Selamat. Anda sudah menabung wakaf melalui Tabung Wakaf Dompet Dhuafa 😊



Lewat Tabung Wakaf, berwakaf jadi lebih mudah. Ya, mulai dari Rp 10.000 saja.

Kunjungan Ke Wakaf Parung Bogor
Setelah sharing session dan tanya jawab berakhir, dilanjutkan ISHOMA (istirahat, sholat, makan). Kemudian tepat pukul 13.00 WIB kami diajak berkeliling wilayah wakaf Parung.


Beberapa bangunan wakaf yang terdapat di Parung antara lain:
Lembaga Pengembangan Insani (LPI)

sumber: dokumen pribadi

merupakan salah satu wakaf bidang pendidikan yang di dalamnya berisi:
SmartEkselensia Indonesia.
1. E-Tahfidz (Ekselensia Tahfidz), merupakan sekolah bagi yang menutikberatkan pada tsaqafaj Islamic ah dsn penguasaann Bahasa asing (Inggris). Tahun ini merupakan tahun kedua berdirinya E-Tahfidz yang kesemua muridnya laki-laki dengan total 10 orang angkatan I dan orang angkatan II.

2. PAUD Pengembangan Insani, merupakan sekolah anak usia dini dengan system seleksi terdiri dari grade 1 (subsidi penuh), grade 1 (subsidi separuh) dan grade 3 (tanpa subsidi).

3. Pusat Sumber Belajar (PSB), merupakan perpustakaan umum dengan beragam buku koleksi tersedia dan ruang baca khusus anak. Di lantai 2 juga terdapat ruangan yang biasa dipakai untuk acara Nonton bareng film edukatif. Tempat ini adalah favorit Icham jika sedang berkunjung ke LPI.

4. Sekolah Literasi Indonesia, program pembinaan dan penempatan sarjana ke berbagi daerah Indonesia yang berfokus pada kecakapanliterasi.

5. Sekolah Guru Indonesia, merupakan program pembinaan guru-guru di daerah menjadi trainer bagi sekolahnya. 

6. Beastudi Etos, merupakan beasiswa yang diberikan pada anak dhuafa yang akan masuk perguruan tunggu.

7. Beasiswa Aktivis Nusantara, merupakan beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi di beberapa negeri untuk dibina dan diapresiasi.

8. Smart Ekselensia Indonesia, merupakan sekolah bagi anak laki-laki kaum dhuafa seringya SMP-SMA dengan durasi belajar 5 tahun.
Banging Asrama Siswa Smart Ekselensia



Rumah Sehat Terpadu (RST)
sumber: dokumen pribadi

adalah rumah sakit yg diprioritaskan untuk kaum dhuafa di sekitar Parung. Meski begitu tak menutup Kemungkinan siapapun boleh berobat disini. Yang unik, ketika kunjungan, kami bertemu para pencari suaka yang tengah berobat disini. Padahal mereka tidak memiliki dokumen apapun. Ini membuktikannya bahwa RST tidak tebang pilih.

Semua ruangan maupun fasilitas yang ada di dalam RST merupakan wakaf. Di setiap pinggir pintu ruangan ditempel nama para wakif sebagai bentuk spresiasi. Sebagai contoh ruangan HCU ini. Jadi, misal untuk pengadaan ruangan dan peralatannya dibutuhkan 500juta, terdapat 4 wakif, make setiap orang berwakaf kurang lebih 125 juta.
Nama Para Wakif Ruangan HCU
sumber: dokumen pribadi

Beberapa fasilitas yang tersedia antara lain:

  1. Ruang rawat inap umum
  2. Ruang HCU
  3. Ruang Hemodialisa
  4. Ruang rawat khusus anak
  5. Kantin
  6. Installation Gawat Darurat

Layanan kesehatannya pun sangat lengkap. Mulai dari dokter umum, dokter anak, dokter bedah, dan lain-lain.

Zona Madina
sumber: dokumen pribadi

Merupakan kawasan pemberdayaan Sosial masyarakat yang berwda twist Di sebelah RST, antara terdiri atas:
1. Masjid Al Madina, masjid wakaf dengan jenis wakaf produktif karena  bisa menghasilkan terutama lewat pemanfaatan aulanya  yang disewakan untuk acara pernikahan  dan sejenisnya.


2. Jampang Village, merupakan wilayah yang dimanfaatkan untuk kegiatan masyarakat seperti kegiatan panahan, berkemah atau outbound, pagelaran Seni, dan lain-lain. Ada juga Jampang English Village  (JEV) sebagai sarana Belajar Bahasa Inggris, terutana di Bulan Ramadhan. Ya, jadi bagi kalian yag igin Belajar Bahasa Inggris, terkenal waktu pergi ke Pare, bisa banget mencoba di JEV. 

3. Dayamart, merupakan minimarket milik Dompet Dhuafa yang seluruh keubtungan dipergunakan untuk kaum dhuafa.

Selain itu, ada pula ruko tempat penjualan hasil bumi produksi petani binaan Dompet Dhuafa. Biasanya dibuka setiap hari Selasa dan Kamis. Hasil bumi yang dijual antara lain sayur mayur, buah-buahan hingga kopi olahan. Di acara tempo hari, kami diberikan sample kopi susu dingin Madaya, produksi para petani.
Kopi Susu Madaya
sumber: dokumen pribadi


Wakaf dari Wakif Dompet Dhuafa Lainnya
Tiga tahun sudah aku menjadi warga Parung dan keluarga besar Dompet Dhuafa (Pendidikan). Sungguh bangga dan bahagia Karena dikelilingi lingkungan positif dan kondusif. Tak hanya di Parung, wakaf Dompet Dhuafa juga tersebar di banyak daerah lainnya di Indonesia, antara lain:
RS Griya Medika
RS Hasyim Ashari

GASPOLER, Aksi Nyata dari Blogger
Atas inisiasi salah satu blogger, pasca acara tempo hari kami mengadakan campaign GASPOLER (Gerakan Sepuluh Ribu dari Blogger). Wakaf senilai 125juta bisa diberikan secara patungan dengan donasi minimal Rp10.000 per orang.



Bagaimana caranya berdonasi?

Klik link berikut ya :)


Semoga kita tak hanya bisa merasakan tapi juga konsistensi untuk berwakaf.


So.. sudah siap berwakaf?

Saatnya wakaf bangkit dan dimasifkan.

Wake up Wakaf! Wake up, wake up!

#BahagiaBerwakaf
#WakeUpWakaf #BloggerMeetUpWakafParung


50 comments:

  1. Iya ini aku baru Tau pas datang ke sini Ada wakaf produktif Dan kesemuanya bermanfaat banget bisa dimulai sekarang juga Tanpa hrs menunggu Kaya raya

    BalasHapus
  2. Ya Allah doanya langsung dikabulkan. memang yaaa ada banyak jalan untuk bantu sesama. dan dengan waqaf ini pengalokasian bisa lebih maksimal

    BalasHapus
  3. Oh wakaf itu terbagi 3 ya, selama ini tahunya wakaf saja, nggak tahu kalau dibagi-bagi lagi. Subhanallah dengan tabung wakaf otomatis semakin banyak dhuafa yang terbantu.

    BalasHapus
  4. Program wakaf banyak manfaatnya ya untuk masyarakat dan bagi pewakaf juga, kalau dulu mikirnya mau wakaf mesti punya tanah luas, sekarang bisa wakaf dengan menyisihkan sebagian rezeki kita ya

    BalasHapus
  5. Wah tinggal buka webnya ya. Makasih mbak infonya insyaallah lebih mudah dalam berwakaf kalo gitu

    BalasHapus
  6. Saat ini semakin canggih ya,berwakaf pun bisa online

    BalasHapus
  7. Jadi skg kalo wakaf ga perlu uang banyak dan kaya yah Kak

    BalasHapus
  8. Wahh program2nya keren yaaa..

    Memang lebih baik berwakaf untuk hal produktif ya

    BalasHapus
  9. waaah alhamdulillah semakin mudah untuk berwakaf ya.... semoga Dompet Dhuafa makin berkah :)

    BalasHapus
  10. Wah dompet dhuafa semakin berkembang ya Mba.
    Apalagi ini cabangnya semakin banyak termasuk di parung.

    BalasHapus
  11. Senang zaman sekarang semakin banyak masyarakat yang berbagi melalui wakaf.
    Yang menarik karena amalnya jariyyah.
    Semoga kebaikan selalu tercurah pada para wakif.

    BalasHapus
  12. MasyaAllah, sekarang wakaf bisa dilakukan oleh siapa aja ya Mbak, nilainya pun juga sangat terjangkau, tinggal kembali ke pribadi masing2 ya, kapan nih mulai mau berwakaf, biar bisa nabung pahala juga dari sekarang.

    BalasHapus
  13. Banyak sekali manfaat dari dompet duafa yang akhirnya secara nyata membantu banyak orang ya mbak.

    BalasHapus
  14. Programnya bagus mbak, melalui dompet dhuafa membangun masyarakat melalui masyarakat. Ini termasuk amal kan untuk di akhirat juga

    BalasHapus
  15. Masya Allah ternyata banyak sekali manfaat dari wakaf produktif ya mba, semoga semakin banyak wakif sehingga semakin banyak lagi manfaat yang diberikan

    BalasHapus
  16. Soalnya wakaf itu amal yg nggak ada putusnya sampai kita meninggal. Jadi perlu banget buat kita berwakaf, *yaaa itu sih klo pada sadar* untung ya DD memfasilitasi

    BalasHapus
  17. Masya Allah keren sekali ya Dompet Dhuafa ini. Sudah banyak donasi yang disalurkan ke kegiatan produktif ini.

    BalasHapus
  18. Dengan pengelolaan yang tepercaya dan penuh dengan inovasi begini, wajar yaa makin banyak yang mempercayakan wakafnya ke Dompet Dhuafa. Semoga makin banyak yang terketuk hatinya dan semakin luas pula yang memperoleh manfaat dari wakaf yang dikelola oleh DD ini.

    BalasHapus
  19. Tepat sekali ketika Saya baca wakaf yg terpikir tanah Wakaf. Ternyata pemandangan Salah selama ini yah. Insha'Allah dengan tau Yang sebenarnya Saya bisa ikut berwakaf Yang manfaat.

    BalasHapus
  20. masya Allah keren banget. Aku baru tau kalau wakaf itu bermacam-macam.. bener banget di awal tuh aku juga cuma tau kalo wakaf itu ya masjid, sekolah atau pesantren, dan lembaga pendidikan lainnya. Ternyata eh ternyata banyak jenisnya. Semoga makin banyak orang yang berwakaf di jalan Allah biar murah rezekinya.

    BalasHapus
  21. wah alhamdulilah memudahkan ya mba ada tabung wakaf cukup buka dan bisa langsung donasi makin banget praktis ya mba

    BalasHapus
  22. Lumayan banyak dan lengkap juga ya fasilitas wakaf Dompet Dhuafa yang ada di Parung.. Semoga dengan banyaknya yang berdonasi masyarakat di wilayah lain juga dapat merasakan manfaatnya :)

    BalasHapus
  23. Baru tahu ada jenis-jenis wakaf sampai wakaf produktif dan sementara. Jadi penasaran. Btw acaranya juga kayaknya seru ya Mbak. Sosialisasi gini emang penting banget buat Masyarakat

    BalasHapus
  24. Subhanallah ya Mba ternyata di masa sekarang wakaf bisa bermacam-macam bentuknya, salah satunya melalui pendidikan. Demi mencetak generasi masa depan yang luar biasa.

    BalasHapus
  25. Inovasi DD memang luar biasa. Bener buat wakaf saat ini tidak perlu menunggu kaya. Sekecil apapun asal ikhlas dan konsisten insyaallah lebih terbukti realisasi nya ya

    BalasHapus
  26. Wah ternyata wakaf gak cuma dalam jumlah besar ya mbak, 10ribu pun cukup buat mulai wakaf

    BalasHapus
  27. Aku juga sama mbak kalo denger kata wakaf yang pertama kali terlintas adalah sekolah, masjid, pemakaman, cuma seputaran itu aja. Padahal wakaf bisa dalam bentuk lain yang bisa memberi manfaat dan memberdayakan kesejahteraan umat ya. Masya Allah Dompet Dhuafa ini keren banget inovasinya. Kemarin aku dateng ke kebun indonesia berdaya Dompet Dhuafa yang di Subang, takjub banget sama Dompet Dhuafa.

    BalasHapus
  28. Kalau dayamart daku pernah lihat, yang penasaran yang Jampang Village, mau juga belajar memanah itu seperti apa biar mengikuti sunnah rasul

    BalasHapus
  29. Sekarang ingin berwakaf banyak cara dan sudah bisa menggunakan aplikasi via Digital ya mba.
    Tentu saja memberi kemudahan dan informasi yang dibutuhkan pun bisa dengan mudah di akses.

    BalasHapus
  30. Visya kita kita tetanggaan ya, aku di cisauk loh. Jujur, aku senang sekali membaca tulisan ini. Baru tahu kalau bentuk nuata program wakaf ada di sini

    BalasHapus
  31. hebaaat, semoga semua program wakaf Dompet Dhuafa makin lancar dan makin berkah :)

    BalasHapus
  32. Ternyata Dompet dhuafa udah lama berdirinya ya mbak. Sejak 1993, Keren juga kiprahnya untuk prgram kemanusiaan dan lingkungan, Jadi, kalau kita mau ikut berwakaf, lebih mudah dengan menyalurkannya via Dompet Dhuafa yah mbak.

    BalasHapus
  33. Baru tau kalau Wakaf sebenarnya terbagi dalam 3 jenis: produktif, investasi dan wakaf sementara. Umumnya masyarakat mengenal wakaf dlm bentuk wakaf tanah utk dibangun fasilitas sosial atau tempat ibadah.

    BalasHapus
  34. salut ada banyak macam beasiswa juga jadinya dengan kita berwakaf. salah satunya yg saya suka ialah Beastudi Etos, jadi siapapun bs merasakan bangku kuliah

    BalasHapus
  35. Wakaf selain bermanfaat untuk kita merupakan ladang pahala y moms .bermanfaat untuk orang lain keren nih Dompet Dhuafa

    BalasHapus
  36. Wakaf zaman sekarang tuh dimudahkan bnaget yah, jadi ga sesusah dulu yang wakaf tuh identik sama tanah dna mesjid. Makin keren aja memang inovasi dari Dompet Dhuafa ini.

    BalasHapus
  37. Alhamdulillah mau berwakaf sekarang gampang banget ya, dulu saya pikir wakaf itu harus berapa barang ternyata nggak ya

    BalasHapus
  38. Dulu, kita taunya berwakaf itu cuma urusan masjid. Kini makin banyak variasi beramal yg bisa dilakukan masyarakat demi kepentingan orang banyak terutaman yg berkekurangan ya. Salut sama Dompet Dhuafa yang semakin canggih mengelola wakafnya. Barokallah DD :)

    BalasHapus
  39. keren nih campaign wakaf dari Dompet Dhuafa, mulai dari 10rb bisa berwakaf, kan parah ya kerennya, terjangkau pulak

    BalasHapus
  40. mudah banget ya kak sekarang kalau mau ikut berwakaf. dulu taunya wakaf ya sebidang tanah, ternyata engga gitu aja ya. oke deh cek tabunganwakaf.com deh karena dengan 10.000 udah bisa ikutan wakaf.

    BalasHapus
  41. Waahh, bagus nih infonya. Jadi pemikiran tentang wakaf harus nunggu kaya itu salah ya Mom ya.

    BalasHapus
  42. Dompet Dhuafa sekarang makin keren. Program-programnya makin bermanfaat, makin terasa kerja nyatanya. Semoga DD terus istiqomah dan dibimbing oleh Allah.

    BalasHapus
  43. programnya keren sehingga wakaf gak berhenti di satu pintu tapi manfaatnya jadi semakin luas ya

    BalasHapus
  44. Semoga kita juga bisa berwakaf ya Mbak, agar bisa dinikmati oleh orang yg membutuhkan, dan jadi tabungan kita juga di hari akhir nanti. Aamiin.

    BalasHapus
  45. Dompet Dhuafa ini gencar banget ya dengan Wakaf nya, alhamdulillah jadi lebih mudah berwakaf.

    BalasHapus
  46. wah ternyata wakaf juga bisa dalam bentuk uang ya nggak harus benda. bisa dicoba nih

    BalasHapus
  47. Aku juga mau ikutan ahh gaspoler. Wakaf ga harus nunggu kaya dan banyak uang. Mulai sekarang bisa berbakat yeaaayyy...

    BalasHapus
  48. Duh saya termasuk orang yang menganggap wakaf cuma berkaitan dengan 3M itu ternyata keliru. Trims atas informasinya Mbak. Memang keren ya progrom-program yang ada di Dompet Dhuafa terutama program Wakafnya ini.

    BalasHapus
  49. Semakin banyak ya cabanh dari wakaf. Menarik sekali nih wakaf parung. Bersedakah untuk wakaf mendapat pahala ya.

    BalasHapus
  50. Sebelum ikut acara dompet dhuafa kemaren berpikiranny wakaf harus punya uang 1m atau bilangan gede. Alhamdulillah pas ikut acara ini melek mataku bahwa wakaf minimal 20 rb aja udah bisa

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!