Ads 468x60px

Senin, 14 Oktober 2019

Kampanye Internet 1O1 Wujud Indosat Ooredoo dan Facebook Indonesia Peduli Literasi Digital.



Sejak kuliah aku memiliki passion pengabdian ke pelosok Indonesia. Kegiatan ini kulakukan dengan mengajak beberapa teman kampus di setiap libur semester.

"Wah, ngapain aja?"

Banyak, utamanya di bidang pendidikan seperti melakukan mini eksperimen sains, pendidikan cinta tanah air hingga melakukan kegiatan sosial kemasyarakatan bersama warga sekitar.

Mulai dari Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi, Sulawesi hingga Rote NTT pernah kujamah. Semua memberikan pengalaman baru termasuk kenyataan baru bahwa internet masih belum terjamah mereka!

Sebagai anak millennial kumerasa "how can?!" Tapi itu FAKTA, guys!

Internet sejak beberapa tahun belakangan , lebih-lebih sekarang, menjadi bagian hidup yang penting. Mulai dari browsing artikel, komunikasi, belanja sampai konsultasi dokter. Apa-apa internet, ya ngga guys?

Sayangnya masih banyak rakyat Indonesia yang hidupnya jauh terjangkau dari internet. Boro-boro, sinyal saja tidak ada, di banyak daerah terpencil yang kudatangi.

Padahal berdasarkan data dari GSMA Mobile Economy Report tahun 2019, pada 2025 nanti penetrasi mobile internet diperkirakan akan tumbuh hingga 69% (diperkirakan 24 juta orang), naik 15% dari tahun 2019. Tentu ini adalah sebuah peluang.

Memahami hal itu, Indosat Ooredoo bersama Facebook Indonesia bekerjasama meluncurkan program CSR berupa Internet 101 (baca: one on one) dengan tema Empowering Indonesia with Internet.

Pada kegiatan ini turut hadir Ahmad Al Neama (President Director & CEO Indosat Ooredoo) Fransisco Varela (VP Global Mobile Partnership Facebook). Kegiatan yang berlangsung di Gedung Indosat ini dilaksanakan pada hari ini (15/10).



Tentang Internet 1O1
Internet 1O1 adalah sebuah kampanye melek literasi digital, membuat pengguna internet yang sudah ada lebih aware terhadap internet dan mendatangkan pengguna baru internet, khususnya dari desa. Dengan visi berpartner dalam perjalanan literasi digital, kampanye Internet 1O1 memiliki beberapa modul berupa video yang disampaikan melalui Facebook, website, dan lain-lain.

"Internet memiliki kekuatan menyalurkan suara publik, membantu penghuninya mendapatkan pengetahuan baru. Kami bangga bekerjasama dengan Facebook." ungkap Ahmad Al Naema.

"Kampanye nasional ini akan membantu memperkirakan upaya inklusi digital dan mendorong orang-orang untuk menggunakan internet secara bertanggungjawab dan aman."  tambahnya.

"Kenapa namanya 1O1 (re: one on one)? "

Karena edukasinya dilakukan secara personal, satu orang (retailer/outlet) ke orang lainnya (calon pengguna internet). Daerah yang diprioritaskan adalah pedesaan. Hal ini didasarkan  pada riset GMA, sebanyak 97% populasi Indonesia yang tidak memiliki ponsel berada Di daerah pedesaan. Kampanye Internet 1On1.

"Facebook merasa senang bisa bekerjasama dengan mitra lokal, termasuk Indosat Ooredoo di ranah online. Harapannya semoga kampanye ini bisa membawa lebih banyak masyarakat Indonesia melek literasi digital agar memiliki pengetahuan mumpuni dalam pemberdayaan dan penggunaan teknologi." ujar Fransisco Varela saat sambutannya.

Kampanye Internet 1O1 memiliki target setidaknya satu juta pengguna baru untuk setahun kedepan hingga 15 Oktober 2020.



Tentang Indosat Ooredoo & Ooredoo Group
Indosat Ooredoo adalah perusahaan telekomunikasi digital terdepan di Indonesia yg memberikan akses dan konektivitas kepada setiap orang dan link bisnis. Indosat Ooredoo merupakan bagian Dari Ooredoo Group, sebuah perusahaan komunikasi Internasional yang beroperasi di Timur Tengah, Afrika Utara dan Asia Tenggara. Telah melayani konsumen di 10 negara, Ooredoo memberikan pengalaman data terdepan dalam berbagi layanan dan konten yang canggih, data sentrsi seluler dan jaringan fixed.


Sebagai pengguna internet Indosat Ooredoo kumerasa puas dengan layanan internet yang selama ini kurasakan. Semoga dengan Internet 1O1 cakupan sinyal internet Indosat Ooredoo makin meluas ya! :) Yuk dukung campaign Internet 1O1! Dan jadilah generasi melek literasi digital :)

16 comments:

  1. Semoga makin banyak daerah yang tersentuh internet dan listrik pun mendukung, sehingga persebaran informasi baik juga semakin luas, ya.... Semoga juga kian terfasilitasi bakat-bakat baik dari seluruh pelosok nusantara dengan dukungan Indosat Ooredoo.

    BalasHapus
  2. Indosat memang makin menunjukkan aksinya nih dengan jaringan yg menyebar luas. semoga komunikasi juga terbantu dan gak mahal ya untuk masyarakat

    BalasHapus
  3. Wah, keren banget pengalamannya kak. Itu dulu atas nama pribadi atau ikut lembaga/yayasan kak? Bisa sampe pelosok negeri gitu. Big applause dari saya! Apalagi ga sekadar melancong tapi juga menebar ilmu, maasyaaAllaah :))

    Saya pernah baca di twitter, ada nenek-nenek yg gabisa pesan tiket KA krn harus pesan online, akhirnya nenek tsbt pulang lagi dgn tangan hampa :( sedih banget. Mudah2an dgn program Indosat ini manfaat internet bisa dirasakn secara merata oleh masyarakat Indonesia, khususnya di pedesaan. Aamiin :D

    BalasHapus
  4. Udah hampir 16 tahun aku pake Indosat, dengan nomor yang sama, dan masih setia sampai namanya Indosat Ooredoo. Semoga layanan dan programnya makin baik deh supaya customer makin loyal

    BalasHapus
  5. alhamdulillah sekarang provider sudah sadar tentang edukasi internet ke pedesaan.. Btw, keren nih mbak bisa ke pelosok2 mengabdi untuk negeri.. Ah aku jadi kangen masa kuliah dulu hiks.. Walau gak terlalu jauh tapi pernah juga mengabdi hehe

    BalasHapus
  6. Sebagai salah satu pengguna setia Indosat sejak jaman piyik, aku suka sekali membaca program-program dia yang seperti ini. Semoga tercapai ya semua yang diharapkan

    BalasHapus
  7. Aku tuh juga pengguna setia Indosat sejak SMA. Tapi barusan beberapa hari lalu karena kualitas jaringan jadi pake yang lain dulu huhu. Semoga Indosat mendengar keluhanku. Padahal tempatku gak terpencil amat. Justru yang terpencil malah lebih bagus jaringannya

    BalasHapus
  8. Semoga kedepannya makin banyak daerah yang terjangkau internet ya. Sedih si ngebayangin di pelosok gt gak ada internet. Gimana mau BW an kayak kita ya.. Apalagi curhat di blog hehehe
    Btw Indosat emang Oke. Aku sejak 2001 loh pengguna Indosat huhuhu

    BalasHapus
  9. Bagus programnya, Indonesia harus melek literasi digital dan didukung dengan sinyal yang bagus juga, karena kendala di pedesaan itu seringnya ya susah sinyal.

    BalasHapus
  10. Sampai sekarang aku masih setia pake indosat Ooredoo. Dibandingkan yang lain jauh lebih hemat sih karena banyak promo gratisnya.

    BalasHapus
  11. AKu dulu pengguna Indosat IM3 waktu jaman kuliah karena tarif sms-nya yang murah banget hehe. Tapi saat ini sudah migrasi ke provider sebelah.

    BalasHapus
  12. Aku pengguna setia IM3 sampai sekarang hehe.. Bagus ya program mereka yang turut mengkampanyekan internet sehat di pelosok negeri. Semoga sinyal kencengnya bisa cepat merata se Indonesia :)

    BalasHapus
  13. Sejak 2007 sampai sekarang saya dan keluarga tetap pakai Indosat, soalnya hanya itu yang ada ke kampung kami. Hehehe...
    Setelah beberapa provider masuk kami sudah kadung sayang dengan nomor lama. Semoga internet Ooredoo makin baik ya amin.

    BalasHapus
  14. Indosat terus berinovasi ya untuk kebutuhan pelanggannya.. dan hal ini layak untuk mendapatkan apresiasi setinggi tingginya.. semoga dengan Internet 1O1 cakupan sinyal internet Indosat Ooredoo makin meluas ya.. aamiin

    BalasHapus
  15. suamiku salah satu yang menggunakan indosat ooreedo, lumayan hemat katanya.

    BalasHapus
  16. Asyek nih kalau inet udah masuk ke pelosok2 gtu astinya informasi akan diterima lebih cepat dan org sana bisa lbh produktif yaaa :D
    Keren ini edukasi 1O1-nya Indosat mbaak....

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!