Ads 468x60px

Senin, 07 Oktober 2019

Erlangga Talent Week Ajang Unjuk #IniBakatSaya dan Berburu Ilmu Kepenulisan



"Setiap orang terlahir dengan bakatnya. Berbeda satu dengan lainnya."

Sebagian besar dari Kita tentu setuju dengan kalimat di atas.

Berbicara soal bakat, Penerbit Erlangga mengadakan kembali Erlangga Talent Week (ETW) 2019 pada 1-6 Oktober lalu.



Kegiatan ini berisi beragam kompetisi, unjuk bakat dan kreativitas, hiburan, serta pameran buku pendidikan/referensi belajar/literasi bagi siswa, guru, orang tua dan masyarakat umum. Dalam event ini, Penerbit Erlangga berkolaborasi dengan mitra utamanya yakni  Solidaritas Erlangga (SOGA), sebuah wadah CSR dari Penerbit Erlangga.


Sedikit berbeda dari tahun lalu, penyelenggaraan ETW tahun ini dibagi dalam dua acara yaitu Road to ETW yang berlangsung 1-4 Oktober 2019 di Main Atrium Lotte Shopping Avenue dan acara puncak pada 5-6 Oktober 2019 di Ciputra Artpreneur Theater.

Ada empat kompetisi utama yang dilombakan dalam Erlangga Talent Week 2019, yaitu Erlangga English Speech Contest tingkat SD, SMP, SMA, SMK sederajat, Modern Choir tingkat SD dan SMP sederajat, Traditional Dance tingkat SMA/K, dan Battle of The Band tingkat SMA/K, serta Perguruan Tinggi.

Tercatat hampir 15 ribu siswa dan mahasiswa secara nasional mengikuti kompetisi Road to ETW ini. Mereka telah bersaing untuk menjadi yang terbaik di Erlangga Talent Week 2019 hingga ditemukan para juaranya.

Pada Rabu, 2 Oktober 2019 panitia  mengadakan press conference bertema "Peranan Orang Tua dalam Mengembangkan dan Mengasah Bakat Anak Generasi Z” di Main Atrium Lotte Shopping Avenue, Jakarta.

Generasi Z (kelahiran 1995-2010) begitu identik dengan akses Internet (media sosial) yang tinggi, akses informasi yang sangat mudah dan cepat, sehingga mendukung keberagaman bakat dan talenta yang mereka miliki. Untuk itu, dalam acara ini akan dibahas seperti apa peran orang tua dalam membantu anak mengembangkan dan mengasah bakatnya serta manfaat apa yang diperoleh dari mengikuti kegiatan lomba atau kompetisi.

Narasumber yang harit yaitu Arief (Direktur Pemasaran Penerbit Erlangga), Christian Sugiono (Public Figure: pengusaha, aktor), Rama Nidji (Musisi/Drummer Band Nidji), Vera Itabiliana (Psikolog Anak Remaja), Pitut Aprilia (Ketua POMG/Persatuan Orangtua Murid dan Guru SMP Labschool Kebayoran), Tabitha Anya (Juara Nasional Erlangga English Speech Contest 2018) dan moderator Andromeda Mercury (News Anchor TV One).

"Generasi Z saat ini dihadapkan oleh banyak pilihan dan kesempatan untuk berekspresi, namun kenyataannya, generasi Z Indonesia kurang mendapatkan kesempatan dan wadah yang baik untuk mengasah bakatnya. Di sini kami ingin membuka kesempatan dan wadah itu yakni melalui penyelenggaraan Erlangga Talent Week,” ujar Arief Subahagiyo, Direktur Pemasaran Penerbit Erlangga.

Melalui event ini diharapkan mereka mengalahkan ego saat berjuang, dan bisa belajar dari kegagalan. Selain itu Erlangga Talent Week diharapkan dapat membantu para generasi Z untuk fokus dalam mengembangkan minat mereka dan memotivasi diri sendiri.


"Kemajuan teknologi digital menjadi tantangan mengembangkan bakat generasi Z. Di sisi lain teknologi digital sendiri sebenarnya bisa menjadi alat bantu untuk mengembangkan bakat. Oleh karena itu, lingkungan terdekat anak memiliki peranan penting dalam mengarahkan agar mereka dapat memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin dalam mengembangkan bakat mereka dan menjaga keseimbangan antara aktivitas di dunia maya dan nyata." ungkap V Vera Itabiliana, Psikolog Anak dan Remaja.

Kolaborasi ini merupakan wujud cita-cita perusahaan agar tidak hanya menerbitkan buku-buku yang berkualitas melainkan juga ikut serta melakukan kegiatan-kegiatan yang mendukung pengembangan bakat anak-anak Indonesia baik di bidang olah raga, seni, lingkungan hidup, maupun sosial.

Erlangga Talent Week memfokuskan pada peningkatan jumlah partisipan baik lomba, sponsor, maupun media partner. Panitia berharap para peserta lomba ini berasal dari setiap pelosok Indonesia. Di tahun 2019 peserta lomba terjauh dari Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. 

Selain itu, untuk menambah wawasan masyarakat, terutama siswa, guru, dan orang tua, pada tanggal 5 Oktober 2019 di Erlangga Talent Week 2019 akan diadakan acara seminar Menjadi Remaja Berprestasi dan Berkarakter Tangguh.

Acara ini menghadirkan Liliyana Natsir (Juara Dunia dan Peraih Medali Emas Bulu Tangkis Olimpiade 2016), Hanifah Yudani K. (Peraih Medali Emas Pencak Silat Asian Games 2018), Joshua Suherman (Aktor dan Komika), Sandrina Azzahra (Penari dan Juara 1 Indonesia Mencari Bakat 2013).  Mereka berbagi cerita dan pengalaman suksesnya.

Event Erlangga Talent Week 2019 merupakan penyelenggaraan kali ketujuh sejak tahun 2009.

Event Erlangga Talent Week 2019 dirangkai dengan berbagai macama, salahsatunya acara hiburan dengan bintang tamu idola generasi Z saat ini: Rizky Febian dan Barasuara (acara Selain itu, tersedia pula food court, photo booth, toilet eksklusif, dan para petugas yang akan membantu memberikan informasi dan mengarahkan pengunjung.


Tentang Penerbit Erlangga
Penerbit Erlangga merupakan penerbit buku yang berdiri sejak tahun 1952, di tengah keprihatinan kondisi pendidikan nasional pasca Kemerdekaan Republik Indonesia. Kini, dalam usia 67 tahun Penerbit Erlangga telah membuktikan kesetiaan pada komitmennya untuk berpartisipasi dalam peningkatan kualitas pendidikan Indonesia dengan menerbitkan buku-buku edukatif bermutu untuk semua jenjang pendidikan: mulai dari prasekolah sampai perguruan tinggi dan bahkan untuk kalangan umum/profesional.


Tidak hanya menerbitkan buku-buku pelajaran yang berkualitas, Penerbit Erlangga juga aktif terlibat dalam kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dan siswa, baik itu berupa pelatihan-pelatihan, seminar, lomba, maupun kegiatan edukatif lainnya, termasuk acara ini.


Talkshow "Menerbitkan Buku" Bersama Achi TM
Punya buku solo sendiri, siapa sih penulis yg tidak mengidamkannya? Termasuk aku.

Tapi tentu harus tahu dulu tips dan triknya yaa. Sabtu 5 Oktober 2019 ETW 2919 mmenyelenggarakan Talkshow Menerbitkan Buku bersama Mba Achi TM, novelist puluhan novel termasuk terbitan Erlangga.

Berikut beberapa tips dari Mba Achi dalam mengirim naskah ke penerbit:
💙Perhatikan track record penerbit
💙Umumnya waktu maksimal konfirmasi dari penerbit Apakah naskah Kita ditolak/diterima adl 3 bulan, jika lebih, segera konfirmasi penerbit
💙Ketika mengirim naskah, cantumkan kelebihan naskah


Jadi, kepengen nerbitin buku di Erlangga? Atau udah pernah nerbitin di Erlangga? 😁

0 comments:

Posting Komentar

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!