Ads 468x60px

Selasa, 22 Oktober 2019

Empat Alasan Kehadiran MRT Sebagai Transportasi Unggul Untuk Wujudkan Indonesia Maju



"Ah, macet lagi, macet lagi." Aku mendumel dalam hati melihat kemacetan di hadapanku. Tepatnya di sepanjang jalan Sisimangaraja-Blok M. 

Saat itu aku dalam perjalanan pulang naik Transjakarta dari kampus di Rawamangun. Kemacetan itu selalu saja ada, membuat jam pulangku lebih lama. Aku merasakannya sejak 2012 hingga 2016.


Aku tak pernah menyangka bahwa pembangunan yang kurutuki itu akan jadi sesuatu yang 'besar' bagi dunia transportasi Indonesia, khususnya Jakarta.


Namanya MRT atau Mass Rapid Transportation, Moda transportasi baru di Jakarta.

Sejarah MRT Bermula...
Dirintis sejak tahun 1985, namun proyek MRT belum dinyatakan sebagai proyek nasional. Barulah pada tahun 2005, Presiden Republik Indonesia menegaskan bahwa proyek MRT Jakarta merupakan proyek nasional. Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun mulai bergerak.

sumber: MRT Jakarta


Pada 28 November 2006 terjadi kesepakatan pembiayaan Proyek MRT Jakarta oleh Gubernur Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Kyosuke Shinozawa dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Yusuf Anwar. 

Ujicoba operasional rencananya dimulai pada tahun 2014. Namun, jadwal tersebut tidak terpenuhi. Desain proyek pun dilakukan mulai tahun 2008-2009, tahap konstruksi dilakukan mulai Oktober 2013, dan dicanangkan selesai pada 2018.

Proyek MRT Jakarta dimulai dengan pembangunan jalur MRT Fase I sepanjang ± 16 kilometer dari Terminal Lebak Bulus hingga Bundaran Hotel Indonesia yang memiliki 13 stasiun berikut 1 Depo. 


Visi MRT adalah menjadi penyedia jasa transportasi publik terdepan yang berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan mobilitas, pengurangan kemacetan, dan pengembangan sistem transit perkotaan.


Sedangkan misinya mencapai keunggulan yang berkesinambungan di semua elemen kinerja.

Definisi Transportasi Unggul
Sejarah dunia transportasi Indonesia khususnya di Jakarta bisa dibilang cukup pesat. Terbukti kehadiran Transjakarta sejak 2007 perlahan memenuhi kebutuhan akan moda transportasi di ibukota. Bukan tidak mungkin memajukan Indonesia melalui transportasi unggul.

Apakah transportasi unggul itu?
Transportasi unggul adalah moda transportasi yang secara kualitas dinyatakan baik, aman, nyaman dan dapat membantu mobiltas masyarakat.


MRT Potensi Transportasi Unggul Untuk Indonesia Maju
Berdasarkan data dan Opini masyarakat, MRT berpotensi sebagai transportasi unggul dalam rangka emmajukan Indonesia dengan beberapa alasan sebagai berikut:
1. Akses Cepat
sumber: MRT Jakarta
Perjalanan Lebak Bulus - Bundanya HI hanya memakan 30 menit, sedangkan per stasiunnya diperkirakan hanya memakan waktu 1-3 menit. Hal ini tentu menjadikan MRT sebagai transportasi dengan akses yang cepat.

2. Harga Terjangkau
Harga tiket MRT tergolong Masih terjangkau oleh kalangan masyarakat khususnya menengah ke bawah/atas. Sebagai contoh, perjalanan dari Stasiun Blok M menuju Bundaran HI  hanya memakan ongkos Rp7.000 dengan melalui 4 stasiun dan waktu tempuh 10 menit saja.

3. Pelayanan Super Ramah
sumber: MRT Jakarta
Pertama kali mencoba MRT saat masa ujicoba, saya sungguh takjub dengan keramahan para petugasnya, mulai dari satpam di bagian tangga, staf ticketing, office boy dan lain-lain.

4. Fasilitas Aman dan Nyaman
Fasilitas seperti kursi, toilet, musholla tersedia di setiap stasiun. Ada pula lift bagi disabilitas, ibu hamil, ibu dengan balita dan lansia. Semuanya selalu terlihat bersih. Pun bagian dalam kereta sangat nyaman.

Ke-empat alasan itu menjadikan MRT sebagai potensi Unggul untuk memajukan Indonesia. 

Lho kok bisa?

Dengan fasilitas aman dan nyaman serta akses yang cepat, dapat berpengaruh ke efektif kerja para warganya sehingga mampu lebih produktif. Dengan harga terjangkau, ekonomi masyarakat jadi lebih 'terlindungi' dan cukup stabil. Dengan pelayanan super ramah, masyarakat merasa dihargai, tidak ada diskriminai atau persoalan sosial. Hidup jadi lebih tentram.


MRT Membantu Hidupku
Sebagai pekerja paruh waktu, transportasi umum sudah menjadi kebutuhanku. Terlebih domisiliku saat ini cukup accesible dengan titik-titik stasiun MRT. Aku tidak perlu beemacet ria di jalan Karena sebagai ibu aku harus memiliki mobilitas tinggi untuk menyelesaiakan urusan rumah, di samping bekerja di luar beberapa kali.



Dalam hal ini, MRT benar-benar memudahkan kehidupanku.  Semoga aku dan para penumpang MRT dapat lebih produktif dengan kehadiran MRT. Sehingga karya bagi Indonesia terus tercipta demi mewujudkan Indonesia maju.


By the way, kalian punya cerita sial transportasi unggul? Share yuk!

27 comments:

  1. Mksh kak infonya sgt bermanfaat buatku yg baru pengen nyoba naik MRT 😁

    BalasHapus
  2. pernah naik mrt dan keren bgt sih. cuma rutenya masi terbatas

    BalasHapus
  3. Semoga dgn terus berkembangnya transportasi massal yang nyaman dan murah bisa sedikit demi sedikit pengguna kendaraan pribadi beralih ke sini. So kemacetan bisa sedikit berkurang

    BalasHapus
  4. Enak ya Jakarta setelah ada MRT walaupun rutenya masih terbatas :) Aku pengen banget transportasi publik bisa merata di seluruh Indonesia, nggak hanya di kota besar saja. Semoga suatu saat bisa terwujud ya, amiin..

    BalasHapus
  5. Temenq yg tinggal area jakarta udah pada berpindah ke mrt karena tadi itu, harga terjangkau dan lebih efisien semoga akan terus ada perbaikan untuk mrt kedepannya

    BalasHapus
  6. Aku cinta banget sama MRT! Jadi, MRT itu jadi pelarian aku ketika KRL gangguan Mba, hehe. Beda banget antara naik KRL dan MRT. MRT jauh lebih bagus, modern, nyaman, serba tertata rapi. Semoga jalurnya diperbanyak, biar nggak ketergantungan kendaraan pribadi.

    BalasHapus
  7. Wah, makasih banget ya Kak informasinya, semoga mode transportasi ini semakin berkembang dengan banyak nya rute yang bisa di gapai dengan mudah..

    BalasHapus
  8. Pernah nyobain MRT dan emang keren banget sih ini. Stasiunnya juga modern banget, nyaman gitu. Perjalanannya juga lebih cepat daripada KRL dan di dalam gerbong enak banget. Semoga cepat rampung deh ini, jadi bisa beroperasi total, warga Bintaro pengen juga ada MRT nih, haha

    BalasHapus
  9. Bener aku juga suka bange kalau ada MRT gini. Dulu pernah nyobain yg di malay ama Singapur, emang enak banget kemana-mana gampang. Gak perlu guide gak perlu gojek hehe. Coba di sini ada di semua daerah pasti seru :D (Indonesia terlalu luas ya 😅🤭)

    BalasHapus
  10. 7000 mbak? Murah ya. Cepet pula. Tapi dr blok m ke bundaran HI jaraknya berapa km mbak?

    BalasHapus
  11. Beberapa kali aku naik transportasi ini, tentunya digunakan saat aku sedang mengalami keterlambatan, dan ini dapat memangkas waktu perjalanan, aku pun menjadi tepat waktu.

    BalasHapus
  12. Ikut seneng akhirnya MRT ada di Indonesia walo belum naik karena aku domisili Bandung. Aku pertama kali naik MRT di Singapore dan takjub banget. Semoga transportasi di Indonesia semakin berkembang dan bisa mengurangi kemacetan. Aamiin.

    BalasHapus
  13. MRT emang paling keren deh.. Alhamdulillah Jakarta sekarang makin rapi dan bersih udah kayak kota-kota di negara maju. Mudah-mudahan terus seperti ini bahkan jauh lebih baik.. No more amburadul apalagi banyak sampah..

    BalasHapus
  14. Mbak Evi di kalimat terakhir mungkin itu typo ya, bukan "sial" tapi "soal"

    Transportasi unggul, karena daku roker alias rombongan kereta wkwk, dan plus juga demen sama trans jakarta dan angkot mikrolet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oiaa makasih mba Feb #SemangatCiee :D

      Toss dulu laah

      Hapus
  15. Oalaah, ternyata MRT ini diwacanakan sejak tahun 1985 ya vi. Dan, baru dijadikan proyek tahun 2005, wahh baru tahu aku. Jujur, MRT ini solutif banget lho, cuma tarifnya yg lumayan di kantong hahaa

    BalasHapus
  16. Aku belum pernah, nih, Mba.... penasaran sih sebenernya. Selama ini sudah cukup terbantu dengan sistem commuter line dan transjakarta, dengan MRT pastinya tambah unggul ya, dari segi efisiensi dan manfaatnya, karena persiapan sejak awalnya sudah matang dan modern.

    BalasHapus
  17. Wah jadi penasaran dan pengen segera nyobain MRT nih...

    BalasHapus
  18. Duh aku belum coba nih, padahal keren banget deh kayanya.

    BalasHapus
  19. Semakin banyak yang naik MRT, semakin berkurang pengguna kendaraan pribadi, semakin berkurang juga kemacetan di Jakarta ya. Semoga nanti ada kesempatan untuk mencoba MRT.

    BalasHapus
  20. Saya termasuk yang bangga dan turut terbaru dengan adanya moda transportasi mrt ini.. selain sebagai wujud kemajuan Indonesia khususnya kota Jakarta akan transportasi, akses transportasi yang mudah dan nyaman dapat memberikan motivasi warga untuk tambah produktif juga

    BalasHapus
  21. aku pernah naik ini waktu uji coba hari pertama lohhh.. keren bgt berasa yang tau pertama kali. sebagus itu dan se ganyangka itu sih aku indonesia memiliki transportasi sekelas luar negeri gini hehe

    BalasHapus
  22. aku belum pernah nih naik MRT sekarang memang unggulan ya transportasi umum biar ga macet terus :D

    BalasHapus
  23. Aku pengin banget mau MRT, 😭😭😭 pengin ada yang ngajakin hehehe

    BalasHapus
  24. Aku uda pernah nih nyobain naik MRT dua kali apa sekali gitu ya dan amAzed banget sama dalemannya MRT. Ngerasa bangga gimana gitu akhirnya indonesia punya MRT dan berharap kita sbg masyarakat dapat memanfaatkan fasiltas tsb sebaik baiknya

    BalasHapus
  25. MRT salah satu transportasi favoritku ini, walaupun saat ini baru segaris doang tapi sangat membantu sekali untuk menghemat waktu tentunya. Kebayang kalau MRT ini sudah ada dimana-mana, berasa banget deh pengaruhnya.

    BalasHapus
  26. Memang sudah saatnya ada MRT di Jakarta, di Thailanda saja yang ekonominya mirip2 kita sudah punya MRT. Dari pertama ujicoba gratis saya sudah semangat naik mrt, apalagi sekarang

    BalasHapus

 

Mathematics is...

"Matematika adalah ratunya ilmu pengetahuan dan teori bilangan adalah ratunya Matematika."
-Gauss, a mathematician-

I Have A Dream...

Jika kamu memiliki mimpi, maka tuliskanlah, tempelkanlah di tempat strategis dan berikhtiarlah! Man Jadda Wa Jadaa! Mestakung!